Thursday 3 September 2015

media pembelajaran agama

Media Pendidikan Agama
Pengertian Media
Dari segi etimologi kata “media” berasal dari bahasa latin “medium”yang secara harfiah berarti: perantara atau pengantar, maksudnya sebagai perantara atau alat untuk menyampaikan sesuatu.
Pengertian
“Media Pendidikan Agama

Media pendidikan agama adalah perantara atau pengantar, alat bantu mengajar, sarana penyalur pesan, sumber belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit.
Klasifikasi Media Pembelajaran
Menurut Cecep Kustandi dan Bambang Sudjipto (2011)
media pembelajaran dapat diklasifikasikan dalam 4 kelompok, yaitu: media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio visual, media hasil teknologi yang berdasarkan komputer, media hasil penggabungan teknologi cetak dan komputer.
menurut Rudi
Bretz
mengklasifikasikan ciri utama media pada unsur pokok yaitu: suara, visual, dan gerak.
menurut Oemar H.
Malik
ada empat klasifikasi media pengajaran, yaitu:
1.    Alat-alat visual yang dapat dilihat,
2.    Alat-alat yang bersifat auditif atau yang hanya bisa didengar,
3.    Alat-alat yang bisa dilihat dan didengar,
4.    Dramatisasi.


karakteristik media pembelajaran :
1. Media
berbasis Cetakan

2. Media
berbasis Visual

3. Media berbasis audio
  visual


4. Media
berbasis manusia
Kelebihan Dan Kekurangan karakteristik media pembelajaran
Media berbasis cetak memiliki kelebihan yaitu:
Dapat menyajikan pesan atau informsi dalam jumlah yang banyak.
Pesan atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing.
Dapat dipelajari kapan dan dimana saja, karena mudah dibawa
kelemahan media berbasis cetak :
Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
Bahan cetak yang tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan minat siswa untuk membacanya.
Apabila jilid dan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek.
Kelebihan media berbasis visual:
Lebih menarik karena ada gambar, sehingga memberikan pengalaman nyata untuk siswa.
Lebih mudah mengingat dengan visual peta konsep, maid mapping dan singkatan.
Media visual dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan siswa.
Kelebihan media berbasis visual:
Lebih menarik karena ada gambar, sehingga memberikan pengalaman nyata untuk siswa.
Lebih mudah mengingat dengan visual peta konsep, maid mapping dan singkatan.
Media visual dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan siswa.
Kelebihan Dan Kekurangan karakteristik media pembelajaran
Kelebihan media berbasis audio visual:
Lebih efektif dalam menerima pembelajaran karena dapat melayani gaya bahasa siswa auditif maupun visual.
Dapat memberikan pengalaman nyata lebih dari yang disampaikan media audio   maupun visual.
Siswa akan lebih cepat mengerti karena mendengarkan disertai melihat langsung, sehingga tidak hanya membayangkan.
Kekurangan media berbasis audio visual:
Pembuatan media audio visual memerlukan waktu yang lama, karena  memadukan 2 elemen yakni audio dan visual.
Membutuhkan ketrampilan dan ketelitian dalam pembuatannya.
Biaya yang digunakan dalam pembuatan media audio visual cukup mahal.


kegunaan media pendidikan dalam proses belajar mengajar
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
Mengatasi  keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti:
Objek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realita ( gambar, film bingkai, atau model)
Objek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film atau gambar
Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan
timeplase atau high-speed photography.
Kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman,film,video ataupun melalui foto.

No comments:

Post a Comment